GULAI IKAN PATIN

ikan patin

Gulai kepala patin ini makanan yang populer di Jambi. Gulai ini dimasak dengan menggunakan bumbu tempoyak, nah tempoyak ini merupakan durian yang sudah difermentasi. Tapi ada sebagian orang yang mengganti tempoyak dengan santan, biar baunya nggak begitu menyengat.

GULAI IKAN PATIN.Menu yang satu ini menjadi salahsatu menu sasaran utama untuk para pengunjung  acara” Kuliner Nusantara “yang di selenggarakan ( sepanjang bulan Desember 2013 ) oleh salahsatu lembaga Concervation terbesar di Asia  yaitu: Taman Safari Indonesia 2 Prigen Pasuruan.mungkin karena rasanya yang gurih lembut di lidah dan harga yang sangat terjangkau,itu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat makanan yang satu ini.

 

Sebelum dilanjutkan terlebih dahulu saya ingin sampaikan bahwa yang namanya ikan Patin ini adalah sejenis ikan yang berkunis ( serius lho ) hehehe, (siluriformes) dan termasuk dalam genus Pangasius, family Pangasiidae. Kelompok hewan ini banyak yang bernilai ekonomi seperti patin siam (P. Hypophthalmus syn. P. sutchi atau biasa disebut jambal siam). Ikan patin terkenal akan kandungan vitaminnya yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan.

Seperti halnya ikan lain ,ikan yang satu ini juga mempunyai kandungan gizi sang sangat tinggi diantaranya yaitu: mengandung asam lemak esensial DHA dan EPA, omega 3, vitamin A, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, zat besi, yodium, selenium, seng, serta flour.

Sumber protein yang terkandung dalam ikan patin adalah sekitar 23-28 persen. Kandungan lemak dalam ikan patin lebih rendah dibanding dengan ikan lainnya, sehingga baik untuk kesehatan.

Konon menurut para ahli yang pernah saya baca dalam bukunya menyebutkan bahwa ikan patin tersebut selain memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, ikan patin juga memiliki khasiat untuk mencegah penyakit Kardiovaskular ( sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel ) , karena mengandung lemak tak jenuh sebesar 50%, selain itu lemak tak jenuh dalam ikan patin berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

Dengan mengkonsumsi ikan patin juga sangat bagus untuk anda yang sedang menjalani program diet, karena rendahnya kadar kolesterol sehingga dapat mengurangi asupan kolesterol harian anda jadi bagi anda yang sedang diet tidak perlu takut ataupun kuatir untuk memilih menu ikan patin ini dalam daftar menu harian ada.

Demikian sekilas info tentang ikan patin ini, siapa tahu ada guna dan manfaatnya untuk sobat sabit blogger dan pemirsa semua,ok kita lanjutkan saja ke poko bahasan yaitu cara membuat gulai ikan patin,nahhhhhh buat yang ingin mencoba langsung saja contek resepnya di bawah ini okay…………………..

Bahanya :

 

  • 1 kg Ikan Patin yang masih segar ( saya pakai ukuran yang 1 kg isi 3 ekor )
  • 2 btr Kelapa parut ( untuk santan jadikan 1 liter )

Bumbu yang dihaluskan

100 gr Bawang Merah

 

  • 100 gr Cabai merah besar
  • 50 gr Bawang Putih
  • 15 gr Ketumbar
  • 5 gr Jinten
  • 10 gr Biji pala
  • 75 gr Kunyit

 Bumbu pelengkap lainya:

 

  • 5 biji Kapolaga
  • 10 lmbr Daun jeruk
  • 1 ruas Lengkoas ( di keprek )
  • 5 btg Serai atau sereh ( dimemarkan )
  • Garam gula penyedap rasa ( sesuaikan dengan selera anda )

 Caranya :

Bersihkan ikan patin dari kotoran dalamnya hingga benar-benar bersih,kemudian tiriskan,lumuri ( marinade ) dengan garam dan sedikit merica,lalu simpan agar garamnya meresap.kemudian goreng dalam minyak panas sampai matang berkulit,gunanya supaya nanti tidak hancur ketika dimasak bersama bumbu lainya.

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai harum,jangan lupa masukan juga bumbu pelengkapnya,aduk terus agar matangnya merata dan tidak hangus,kemudian masukan santan sambil terus diaduk agar supaya santenya tidak pecah,tambahkan garam,gula pasir dan penyedap rasa sesuai selera anda.

Setelah semuanya ( kuah ) dirasa cukup kemudian masukan ikan pating yang sudah digoreng tadi,kecikan apinya,masak terus sampai kuahnya agak surut ( jangan sampai kering lho ) hehe,,lalu angkat dan hidangkan,nahhhhhhh mudahkan brow…..dan sekarang jadilah yang namanya Gulai Ikan Patin,,selamat mencoba……………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s